R, Iskandar and Yusra, Sauqi and Havendri , Adly (2001) LAPISAN BATAS EKSPERIMENTAL BEBERAPA PERMUKAAN BENDA PADAT. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)
[img] PDF (LAPISAN BATAS EKSPERIMENTAL BEBERAPA PERMUKAAN BENDA PADAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (944Kb)

Abstract

Analisis eksperimental dapat dikembangkan dalam mengamati visualisasi aliran pada permukaan suatu benda (aliran eksternal) seperti pada permukaan pelat datar. Aliran partikel-partikel fluida yang berada di sekitar permukaan pelat datar tersebut akan bergerak lambat akibat gaya viskos. Interaksi gerakan partikel fluida dapat meningkatkan gaya atau tegangan geser. Lapisan fluida yang kecepatannya dipengaruhi oleh tegangan geser batas akibat viskositas disebut dengan lapisan batas (boundary layer) Aplikasi teori lapisan batas banyak diterapkan daiam perhitungan gesekan, kecepatan aliran dan distribusi temperatur fluida pada permukaan benda yang dilewati fluida seperti pada pelat datar, profil aerofoil, sudu turbin, cerobong asap atau saluran buang industri dan sebagainya. Pada penelitian ini dilihat fenomena visualisasi aliran dengan mengijeksikan tinta dan direkam melalui sebuah kamera. Dilakukan pengukuran distribusi temperatur aliran air pada permukaan pelat datar dengan menggunakan sensor termokopel. Selanjutnya dengan mengetahui distribusi temperaturnya, dihitung tebal lapisan batas kecepatan dan termal aliran air pada permukaan pelat datar tersebut. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tebal lapisan batas kecepatan dan termal mendekati nilai teoritiknya sebesar 71,4 %.
Diposkan oleh my blog Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.