Jumat, 25 Maret 2011 di 01.53 |  

maksud menghargai karya orang lain

    Kita tidak hanya sedirian di dunia ini. Kita selalu hidup bersama sama dengan orang lain.Kita bergaul dengan teman teman pada waktu belajar dan bermain, di rumah kita bergaul dengan keluarga, di lingkungan tempat tinggal kita bergaul dengan tetangga.
    Pernahkah Anda membayangkan hidup tanpa teman? Tentu Anda akan kesepian. Oleh karena itu,banyak banyaklah berteman dengan begitu kita tidak akan kesepian.
    Namun demikian dalam berteman Anda harus menjaga kerukunan tidak hanya dengan teman denga siapa pun kita harus baik, tolong menolong, rukun dan damai. Agar dapat hidup rukun, kita selalu menghindari sifat sifat tercela. Sebagai umatIslam yang baik, kita harus senantiasa menjaga hati, ucapan dan seluruh anggota badan kita dari hal hal yang tercela.
    Menurut fitrahnya, setiap manusia akan merasa senang apabila hasil kerjanya dihargai orang lain. misalnya : seorang pengerajin akan merasa senang apabila hasil karyanya di hargai orang lain apabila dapat dijual dengan harga yang mahal. Menghargai karya orang lain termasuk hal yang terpuji yang harus dilakukan, sebaliknya menghina dan mencela merupakan perilaku buruk yang harus dijauhi.
    Menghina dan mencela merupakan perilaku buruk, karena orang yang hasil karyanya di hina dan dicela biasanya akan merasa sakit hati.
    Rasulullah saw. menghargai, menyetujui dan mendorong umat untuk melakukan usaha usaha agar hasil karyanya yang bermanfaat itu meningkat ke arah yang lebih maju.
    Maksud atau tujuan menghargai karya orang lain yang bermanfaat antara lain:
1. Menjalin hubungan tali kasih sayang(silaturrahmi) khususnya antara yang memberi 
    penghargaan dan yang diberi penghargaan.
2. Membut senang atau gembira orang yang hasil karyanya dihargai
3. Mendorong orang yang hasil karyanya di hargai, agar mempertahankan dan meningkatkan 
    kualitas hasil karyanya ke arah yang lebih baik.
4. Menjauhkan dari sifat menghina dan mencela hasil karya orang lain karena merupakan
    perilaku buruk yang akan mendatangkan kerugian.
5. Meningkatkan taraf hidup orang yang diberi penghargaan apabila penghargaan yang diberikan
    itu berupa sejumlah uang, tugas belajar, atau menaikan pangkatnya ke jenjang yang lebih 
    tinggi.

Diposkan oleh my blog Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.